Kamis, 19 Mei 2011

Kunci sukses bisnis di bidang EVEN ORGANIZER

Event organizer secara istilah mempunyai arti penyedia jasa professional penyelenggara sebuah acara. Pada dasarnya sebuah event organizer atau biasa disebut EO itu memiliki tugas membantu kliennya (client) untuk menyelenggarakan acara yang diinginkan, seperti launching product, company gathering, anniversary, exhibitions, seminar, promosi, talkshow dan sebagainya, dari tahap persiapan sampai dengan event berjalan lancar dengan baik. Event-event yang biasa ditangani sebuah event organizer berupa pertunjukan musik, pameran produk (buku, mobil, computer, kerajinan), hingga ke pernikahan.
Dalam menjalankan peran pada sebuah event acara, sebuah EO bertugas untuk mengkoordinasi, melayani, mensupport kepentingan yang bersangkutan, misalnya trainer, trainee, vendor training, transportasi, media massa, dan pihak-pihak terkait lainnya. Dengan menyewa sebuah event organizer, Anda tidak perlu pusing untuk memikirkan sebuah event karena semua hal yang berkaitan dengan jalannya event tersebut sudah dikerjakan oleh Event Organizer.
Dilihat dari jenis acara yang diadakan, EO dapat dikategorikan menjadi:
• One Stop Service Agency: EO besar yang mampu menyelenggarakan berbagai jenis acara hingga skala Internasional sekalipun.
• MICE : Kependekan dari Meeting, Incentive, Convention, Exhibition, EO yang khusus bergerak di bidang penyelenggaraan acara berbentuk pertemuan.
• Musik dan Hiburan: EO yang memiliki spesialisasi di bidang hiburan terutama musik.
• Penyelenggara Pernikahan: EO yang mengkhususkan diri membantu klien mengadakan pesta pernikahan.
• Penyelenggara Ulang Tahun: EO yang ahli membuat pesta ulang tahun termasuk untuk anak-anak.
• Penyelenggara Pribadi: EO khusus yang bergerak untuk penyelenggaraan pesta pribadi terutama bagi orang kaya.
Salah satu orgenizer adalah Koji’s Dancer Management & Party Organizer. Koji’s Dancer Management & Party Organizer telah terbentuk pada bulan Agustus tahun 2007, dari suatu persahabatan para profesional dancer dan Party profesional lainnya yang ada di kota Jakarta dengan partisipasi aktif pada berbagai macam acara dancer dan party yang pernah diadakan di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Berdasarkan pengalaman-pengalaman diatas yang didapatkan oleh para professional kami maka berdasarkan inisiatif dan kesepakatan bersama dari para professional tersebut, maka terbentuklah suatu bentuk bisnis hiburan yang kami beri nama yaitu Koji’s Dancer Management & Party Organizer. Hadirnya Koji’s Dancer Management & Party Organizer didalam persaingan industri hiburan Dancer dan Party membawa kami untuk selalu menciptakan lebih banyak ragam karya dan kreatifitas yang menyenangkan dengan konsep hiburan yang selalu memahami kebutuhan para klien dan perkembangan bisnis hiburan.


Adapun ruang lingkup bisnis dari Koji’s Dancer
Management & Party Organizer :
- Master of Ceremony (MC)
- Disc Jockey (DJ)
- Dancer Entertainment (Seksi Dancer,Belly Dance, etc)
- And other special request (Private party, etc)
Our client and Biography
Kami telah berpengalaman untuk mengisi acara diberbagai kota di Indonesia, yang dilaksanakan secara on air atupun off air. Beberapa acara yang telah kami isi diantaranya :
- Kapal Quicksilver Batavia Marina Sunda Kelapa, baik dalam acara Sunday Fun Cruise dan Dinner / Private Cruise.
- PT. Jotun Paint International staff gathering, baik yang di kapal quicksilver cruise dan di Hotel mulia,senayan.
- PT. Tetra Pack, konsep MEJIKUHIBINIU costum Gathering on Quicksilver Cruise.
- PT. Sumitomo Indonesia – Japan Gathering on Quicksilver Cruise.
- Berbagai acara di mall-mall, baik di Jakarta dan di luar kota.
-International Indonesian Motor Show 2008, Jakarta Convention Center.
- Mengisi berbagai acara di berbagai wedding party baik yang tradisional dan modern.
- Red Square Jakarta Party Event (all kind of nite party theme), & Acardia Senayan Jakarta Party Event.
- Dan berbagai acara lainnya.
Dari uraian profil di atas ada beberapa hal yang saya petik sebelum kita memutuskan terjun di dunia bisnis EO sebaiknya kita perhitungkan, antara lain:

1. Bekal pengalaman menyelenggarakan event, disadari atau tidak, sebenarnya bekal yang kita miliki sebagai pengelola event sudah kita mulai sejak kita sekolah. Kepanitiaan yang kita ikuti pada waktu itu bisa dijadikan bekal pengalaman yang cukup. Paling tidak, kita sudah mengetahui prosedur mengelola suatu kegiatan dari penyusunan proposal sampai eksekusi di lapangan.
2. Ide kreatif dan inovatif, disadari atau tidak bisnis EO adalah bisnis komunikasi dan bisnis hiburan, kepuasan dan ketertarikan menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Ketika tidak ada ide cemerlang dan kreatifitas, siap-siap gigit jari. Namun, kreatifitas memang tidak harus selalu orisinil, mengembangkan sebuah ide yang sudah adapun bukan menjadi masalah.
3. Relasi bisnis (klien/sponsor) yang cukup kuat, dukungan relasi bisnis, baik itu klien ataupun sponsor, merupakan kunci dari sukses tidaknya acara yang kita selenggarakan. Sebelum memutuskan terjun ke dunia bisnis EO, kita harus melihat kembali apakah kita memiliki jaringan bisnis yang kuat atau tidak? Karena merekalah yang nantinya akan membeli atau membiayai ide-ide kreatif kita. Apabila kita tidak memiliki jaringan bisnis, sebenarnya bukan menjadi masalah besar. Tentunya dengan membangun kepercayaan terhadap EO kita, jaringan bisnis itu akan terbentuk dengan sendirinya.

4. Modal usaha yang cukup, dalam memulai sebuah usaha, mutlak dibutuhkan modal. Untuk bisnis EO, kita perlu menyiapkan modal finansial terutama untuk memenuhi keperluan-keperluan EO seperti, mengurus legalitas usaha (CV atau PT), menyewa kantor, pengadaan alat kantor, biaya telekomunikasi, biaya persiapan event dan lain-lain. Untuk memenuhi beberapa hal tersebut tentunya tidak cukup dengan selembar dua lembar uang rupiah. Cukup besar memang, kalau kita tidak mempunyai cukup banyak modal finansial, kita bisa mencari investor.
Walaupun terlihat sangat sederhana namun sebenarnya poin-poin di atas merupakan hal-hal yang cukup berat. Kebanyakan orang mengatakan bahwa bisnis di dunia EO itu mudah, tetapi sebenarnya banyak sekali rintangan yang harus kita hadapi dan tentunya ini tidak ringan. Tapi sebenarnya kuncinya terletak di ketekunan dan kerja keras, itulah modal paling utama yang harus Anda miliki.

Kesimpulannya, menjalankan usaha di dunia Event Organizer memang merupakan kenikmatan tersendiri. Meskipun seringkali kita merasa sangat kelelahan, namun di balik itu tersimpan rasa bangga dan gembira. Rasa bangga ketika event yang kita selenggarakan sukses dan sesuai harapan serta gembira karena dapat bekerja sama dengan tim yang menyenangkan.

1 komentar:

  1. Terimakasih atas infonya ya min, sangat bermanfaat.
    Oh ya, sekedar informasi tambahan aja nih.
    Bagi yang membutuhkan Sewa Genset Syncronize Jakarta untuk keperluan berbagai acara seperti event, pameran, pesta dan lain-lain bisa coba menghubungi kami Arthur Teknik.

    Salam Blogger min.

    BalasHapus